Home Tips Kerja 10 Hal Penting Saat Memilih Pekerjaan yang Tepat!

10 Hal Penting Saat Memilih Pekerjaan yang Tepat!

by Nurul Syahadatin

Yup kemarin sudah ada 5 penjelasan sebelumnya tentang 10 hal penting saat memilih pekerjaan yang tepat yaitu passion and skill, suasana di tempat kerja, gaji yang diperoleh, stabilitas perusahaan dan interest atau ketertarikan kita terhadap pekerjaan tersebut.

Setelah 5 poin kemarin dijelaskan, tidak kalah penting nya ini adalah  5 poin selanjutnya  yang mana juga harus diperhatikan ketika kita akan  memilih sebuah pekerjaan.

Silakan diperhatikan 5 poin penting dalam memilih pekerjaan:

6.  Pengembangan diri

Kriteria memilih pekerjaan yang keenam ialah pengembangan diri. Tidak semua perusahaan menyediakan training atau pengembangan diri bagi para calon pekerjanya. Apabila Anda mendapatkan sebuah pekerjaan yang dibarengi dengan sebuah training, maka hal ini mungkin menjadi sebuah hal yang menarik bagi Anda. Karena dalam masa tersebut Anda bisa berkembang secara maksimal untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, mencari informasi tentang berbagai macam perusahaan yang Anda masuki merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Carilah informasi sedetail-detailnya dari perusahaan tersebut, agar Anda bisa mendapatkan sebuah informasi yang akurat dan menjanjikan.

7.  Pahami setiap aturan kerja yang berlaku

Memahami setiap aturan kerja yang berlaku juga merupakan poin yang sangat penting untuk Anda ketahui. Mungkin, ada beberapa perusahaan yang menerapkan peraturan yang tidak sesuai dengan Anda. Padahal, ketika Anda sudah menjadi bagian dari perusahaan tersebut, tentunya Anda juga harus mengetahui serta mematuhi berbagai macam peraturan yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut.

Pahami dengan baik setiap aturan kerja yang ada mulai dari jadwal kerja, ketersediaan cuti atau yang lain sebagainya.

8.  Reputasi perusahaan

Kriteria selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah reputasi dari perusahaan yang akan Anda lamar. Semakin tinggi reputasi dari perusahaan tersebut, tentunya juga memiliki gaji yang tinggi dan syarat kompetensi yang tinggi pula.

Bukan pada gaji yang tinggi saja, perusahaan dengan reputasi yang tinggi juga bisa membuat Anda memiliki pengalaman serta kesempatan kerja yang luas. Perusahaan ternama juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan nilai plus dari CV Anda agar kelak dapat memudahkan Anda untuk berkarier di jenjang yang lebih tinggi.

Satu hal yang perlu Anda tahu, rupanya memiliki karier di perusahaan ternama dapat membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Mulailah untuk membuat daftar perusahaan ternama yang memiliki reputasi baik. Galilah berbagai macam informasi dari perusahaan tersebut baik secara online ataupun offline.

Anda bisa mencari berbagai macam informasi dari perusahaan tersebut dengan melihat profile atau review dari internet atau bertanya kepada para kenalan atau siapa saja yang telah bekerja di perusahaan tersebut.

9.  Lokasi perusahaan

Lokasi perusahaan juga menjadi sebuah pertimbangan yang penting dalam memilih sebuah pekerjaan. Carilah lokasi perusahaan yang dekat dengan berbagai macam fasilitas seperti terminal, pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainya.

Selain lokasi yang strategis juga usahakan dekat dengan tempat tinggal atau rumah. Lokasi yang strategis dan dekat dengan rumah biasanya hanya berkisar sekitar 10 km atau kurang dari 1 jam perjalanan.

Memilih lokasi pekerjaan yang dekat memang perlu menjadi pertimbangan. Dengan jarak yang dekat dari rumah ke tempat Anda bekerja, Anda tak perlu menghabiskan banyak uang, waktu serta energi untuk menempuh perjalanan dari rumah ke tempat kerja.

Selain itu, jarak yang dekat juga bisa membuat Anda lebih fresh untuk mulai pekerjaan setiap harinya karena faktor kelelahan selama perjalanan.

Tapi, Apabila Anda memilih pekerjaan yang jauh, hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan menyewa kos atau kontrakan sebagai tempat tinggal.

10.         Memiliki jaminan kesehatan

Kriteria terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah perusahaan tersebut harus memiliki jaminan kesehatan. Hal ini sebagai antisipasi apabila dikemudian hari Anda memiliki masalah kesehatan selama Anda bekerja disana.

Nah, apabila Anda sudah berkeluarga tanyakan dengan jelas anggota keluarga siapa saja yang kesehatannya bisa dijamin oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Jaminan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan dapat membantu Anda meringankan keuangan saat harus membayar biaya rumah sakit, obat, dokter atau lain sebagainya.

Jaminan kesehatan yang diberikan oleh pihak perusahaan merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan serta kesejahteraan dari para karyawan.

Nah, itulah kesepuluh kriteria memilih pekerjaan yang wajib Anda ketahui agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan keinginan Anda. Memang, untuk mencari sebuah pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kriteria terbilang cukup sulit.

So, ingat teman-teman bekerja itu salah satu hal yang dapat menghabiskan waktu kalian jadi carilah pekerjaan yang “se asik” mungkin agar kalian dapat menikmati dan tidak kalah penting nya adalah ketika kita suka dan menikmati maka hasil yang kita berikan terhadap organisasi dan perusahaan akan sangat besar serta kepuasan yang kita dapatkan juga sangat besar, itulah salah satu kebahagiaan yang dapat kita rasakan saat bekerja.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy