Home Tips Kerja 10 Hal Penting Saat Memilih Pekerjaan yang Tepat!

10 Hal Penting Saat Memilih Pekerjaan yang Tepat!

by Nurul Syahadatin

Disaat kondisi seperti ini mencari pekerjaan memang bukan perkara mudah untuk dilakukan sebagian besar orang. Ditambah lagi, jumlah mahasiswa atau pelajar yang lulus dari sekolah ataupun universitas lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lowongan pekerjaan yang disediakan.

Alhasil, banyak para pengangguran yang bergelar sarjana ataupun yang lainnya lebih memilih pekerjaan yang sedang banyak dibutuhkan walaupun tidak sesuai dengan jurusan yang mereka tempuh selama masa pendidikan. Hal inilah yang membuat kualitas kerja kurang maksimal.

Sehingga banyak sekali mahasiswa atau lulusan yang mendaftar “seadanya” dengan pemikiran yang penting lolos, entah nanti waktu bekerja dipikir belakangan. Hal seperti ini yang membuat pekerja tidak bisa memberikan kemampuan yang maksimal karena banyak pekerjanya yang bekerja tidak sesuai keahlian atau keinginan sehingga hanya memberikan output yang “seadanya”.

Pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati Anda pastinya akan menjadi sebuah beban bagi Anda. Ditambah lagi, Anda harus bisa bertahan dalam kondisi ini sampai beberapa tahun atau malah memutuskan resign dari pekerjaan, padahal mencari sebuah pekerjaan sekarang bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan.

Apabila pekerjaan yang Anda pilih sesuai dengan hati serta minat Anda, pastinya hal ini akan meningkatkan taraf bahagia serta kesehatan tubuh Anda di masa yang akan datang.

Memilih sebuah pekerjaan yang sesuai tidak memulu  pada nilai gaji yang diberikan saja. Apabila memilih sebuah pekerjaan dengan gaji yang besar namun malah memiliki konsekuensi yang besar, apalagi di tambah tidak sesuai minat, hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk menjalani pekerjaan tersebut.

Oleh karena itu, memilih pekerjaan tidak boleh dilakukan asal-asalan, karena hal ini akan membuat Anda terjebak dalam zona yang tidak nyaman selama bertahun-tahun. Ada beberapa kriteria memilih pekerjaan yang harus Anda ketahui.

Berbagai macam kriteria tersebut pastinya terdiri dari berbagai macam aspek yang harus benar-benar Anda perhatikan.

Yang harus Anda ingat adalah, jangan mudah untuk tergiur dengan gaji yang tinggi namun ternyata pekerjaan tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman, misalnya harus berpisah dari keluarga, memiliki jam kerja yang tinggi, memiliki resiko tinggi dan lain sebagainya.

Nah, untuk membantu Anda agar dapat memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat, berikut ini ada 10 kriteria memilih pekerjaan yang tepat ditinjau dari berbagai macam kriteria yang wajib untuk Anda ketahui.

1.  Passion and Skill

Kriteria pertama yang harus Anda ketahui adalah dengan mencari pekerjaan berdasarkan dengan minat serta kemampuan yang Anda miliki. Untuk memilih sebuah pekerjaan, memiliki kemampuan dalam bidang tersebut memang menjadi kriteria yang paling penting agar dapat menunjang kualitas nantinya.

Tak hanya itu, minat juga berperan sangat penting dalam hal memilih suatu pekerjaan. Akan menjadi hal yang cukup merepotkan dan membebani Anda apabila Anda memilih sebuah pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat ataupun kemampuan Anda. Tak hanya bermasalah pada kejiwaan Anda saja, namun hal ini juga berakibat pada kualitas kerja.

Sebenarnya, agar berbagai macam metode yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengetahui pekerjaan apa yang cocok berdasarkan minat dan juga kemampuan yang Anda miliki. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan ialah dengan menggunakan berbagai macam tes untuk mengetahui minat serta kemampuan dalam mencari pekerjaan secara online.

Untuk memastikan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan minat Anda, alangkah baiknya Anda tanyakan seputar deskripsi pekerjaan tersebut pada saat Anda wawancara kerja.

2. Suasana di tempat kerja

Kriteria memilih pekerjaan yang kedua dan wajib Anda ketahui adalah suasana kerja di tempat Anda bekerja. Suasana yang menyenangkan dengan dikelilingi oleh rekan-rekan kerja yang friendly serta tempat yang nyaman menjadi penentu kenyamanan Anda dalam bekerja.

Komunikasi di tempat kerja terjalin dengan baik, ini adalah salah satu kunci penentu kenyamanan Anda dalam bekerja. Hal ini pastinya akan berbanding terbalik apabila Anda berada dalam tempat kerja yang tidak nyaman dan membuat Anda merasa terkena tekanan batin setiap harinya.

Oleh karena itu, sebelum memilih suatu pekerjaan alangkah baiknya untuk mempertimbangkan berbagai macam ketentuan-ketentuan serta suasana di tempat kerja agar suatu hari tidak menimbulkan masalah bagi Anda dan pekerjaan Anda.

3.  Gaji yang diperoleh

Sebagian orang pasti akan memilih sebuah pekerjaan dengan gaji yang tinggi namun tidak mempertimbangkan resiko yang akan diterimanya kelak. Alhasil, banyak orang yang memilih keluar dari pekerjaan tersebut atau malah merasa menyesal selama bertahun-tahun.

Namun, bagi sebagian besar orang, hal ini rupanya bukan menjadi sebuah masalah yang besar apabila mereka dituntut dengan keadaan ekonomi yang sedang dihadapi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan gaji yang diperoleh serta berbagai macam konsekuensi yang akan Anda terima.

Carilah sebuah pekerjaan dengan gaji yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda yang harus dipenuhi serta kepuasan pribadi yang harus dipenuhi. Pastikan Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka perusahaan akan memberikan hak sesuai dengan kemampuan Anda.

Jangan terlalu nyinyir saat wawancara kerja, terutama saat sesi negosiasi gaji.

4. Stabilitas pekerjaan

Ada beberapa sektor bisnis yang dapat berkembang dua hingga tiga kali lipat dalam beberapa tahun ke depan. Namun hal ini bukan berarti bahwa semua sektor bisnis yang ada dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Kita ambil contoh ketika Nokia koleps, hampir sebagian besar karyawannya terkena PHK. Memang tidak ada yang bisa menjamin apakah sebuah pekerjaan dapat bertahan lama atau tidak, namun kita bisa meminimalisir dan memperkirakan.

Mempelajari pasar tenaga kerja memang wajib untuk dilakukan agar dapat bertahan dalam pekerjaan yang Anda pilih. Salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah Anda harus bisa mencari sebuah pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari zaman ke zaman atau dalam jangka waktu yang panjang.

Memang penting memilih sebuah pekerjaan yang sesuai dengan minat serta kemampuan apalagi ditunjang dengan gaji yang tinggi, namun stabilitas di bidang industri tersebut juga patut untuk diperhatikan agar nantinya Anda tidak terkena PHK.

5.  Interest

Kriteria selanjutnya yang wajib Anda pertimbangkan adalah ketertarikan Anda pada sebuah pekerjaan yang akan anda geluti. Tanyakan pada diri Anda sendiri seberapa tertarikkah Anda dengan pekerjaan tersebut. Pelajari mengenai berbagai macam seluk beluk pekerjaan tersebut, tentunya jika Anda sudah tahu dan mau menerima berbagai macam konsekuensi pastinya hal ini akan membuat Anda menjadi lebih senang ketika menjalani pekerjaan tersebut.

Nah 5 dulu ya teman teman sekalian, nanti akan ada terusan dari artikel ini, jangan sampai ketinggalan yaw..:)

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy