Home Tips Kerja Tips Efisien untuk Dapatkan Pekerjaan yang Tepat!

Tips Efisien untuk Dapatkan Pekerjaan yang Tepat!

by Nurul Syahadatin

Yups pada artikel kemarin sudah dibahas tentang 10 hal yang harus kita lakukan untuk memilih pekerjaan yang tepat!

Lha di sini saya juga ingin membagikan bagaimana sih tips agar dapat melakukannya dengan tepat dan efiisien sehingga teman-teman bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan impian teman-teman semuanya, yuk langsung kita bahas bersama!

Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menuliskan berbagai macam daftar pekerjaan pada sehelai kertas.

Tuliskan berbagai macam kriteria sama seperti beberapa kriteria di atas. Minimal kalian bisa membuat 10 daftar perusahaan yang paling ingin teman-teman sekalian lamar dan bekerja disana.

Beri skor untuk masing-masing kriteria, urutkan mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah menurut penilaian Anda. Jangan lupa tulis juga alasan nya kenapa teman-teman menjadikan perusahhaan tersebut sebagai tempat kerja, mungkin bisa saja karena memberikan gaji yang besar, perusahaan yang sesuai dengan keinginan, memiliki training yang bagus untuk pengembangan diri teman-teman dan lain sebagainya.

Setelah membuat alasan dan memberikan skor untuk masing-masing perusahaan, selanjutnya beri bobot maksimal 10 untuk memudahkan Anda memilih perusahaan mana yang paling penting dan memiliki skor tertinggi buat Anda.

Kedua

Pada samping kolom kriteria, buatlah kolom mengenai pekerjaan yang menarik bagi Anda. Isikan berbagai macam jenis pekerjaan seperti konsultan, tenaga penjualan di perusahaan industry, bank, asuransi, di bagian administrasi atau yang lainnya.

Beri nilai pada masing-masing pekerjaan yang telah Anda isikan tersebut namun dengan tetap mempertimbangkan kriteria yang telah Anda susun tadi.

Misalnya, Anda menuliskan pekerjaan yang Anda minati sebagai konsultan. Untuk memberikan nilai di bagian ini, perhatikan berbagai macam aspek yang telah dituliskan seperti pertimbangan gaji, kemudahan akses atau transportasi, jaminan kesehatan atau yang lain sebagainya.

Ketiga

Setelah Anda menuliskan poin-poin yang sesuai dengan kriteria Anda, berikutnya yaitu mengalikan kedua bobot tersebut.

Kalikan bobot pada poin 1 dan poin 2 untuk mendapatkan hasil nilai dari kriteria pekerjaan yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda mempertimbangkan gaji yang dihasilkan yaitu 9 dengan bobot dari jenis pekerjaan, konsultan misalnya yaitu 8. Dengan mengalikan kedua bobot tersebut maka Anda akan mendapatkan nilai sebesar 72, dan begitu seterusnya untuk setiap pekerjaan yang telah Anda tuliskan.

Keempat

Nah, langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu jumlahkan semua dari masing-masing hasil perkalian yang telah Anda hitung, sehingga Anda bisa mendapatkan jumlah total bobot dari masing-masing pekerjaan yang telah Anda tuliskan. Jenis pekerjaan yang memiliki nilai tertinggi menunjukkan bahwa kepuasan serta ketertarikan pada perusahaan tersebut juga semakin tinggi.

Ingat pastikan dengan baik kemungkinan terbaik dan terburuk dari masing-masing perusahaan, sesuaikan juga perkembangan perusahaan mana yang paling pesat sesuai dengan kebutuhan zaman. Sehingga apabila teman-teman ingin fokus berkarir di satu perusahaan dalam waktu yang lama tidak akan menimbulkan kekhawatiran yang berarti.

Itulah 4 tips memilih pekerjaan yang tetap yang tentunya juga harus dibarengi dengan mempertimbangkan 10 kriteria memilih pekerjaan diatas. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa memilih pekerjaan memang bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan.

Ada banyak pertimbangan yang harus benar-benar Anda pikirkan agar bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Satu persatu kriteria dalam memilih pekerjaan memang harus dipertimbangkan dengan matang. Karena apabila Anda sampai salah memilih pekerjaan hal ini dapat membuat Anda merasa menyesal dan memiliki tekan batin selama bertahun-tahun. Apalagi, di jaman seperti sekarang ini, bukan perkara  mudah hanya untuk mencari sebuah pekerjaan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Sabar dalam memilih sebuah pekerjaan yang Anda inginkan merupakan kunci utama untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan yang Anda inginkan. Ditambah lagi, pekerjaan yang Anda cari harus mampu mensejahterahkan diri Anda beserta keluarga. Jangan sampai, pekerjaan yang Anda pilih malah menjadi beban bagi Anda beserta keluarga nantinya.

Memiliki pendidikan yang tinggi juga menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda miliki ketika akan melamar sebuah pekerjaan. Karena hal ini juga akan berdampak dengan jenis pekerjaan, golongan serta gaji yang akan Anda terima.

Selain bersabar, teman-teman semuanya jangan lupa untuk meminta restu dari orang tua dan orang yang kita sayangi, karena restu dari merekalah yang akan membuat jalan kita untuk mendapatkan pekerjaan lebih dipermudah. Begitu pula dengan memohon kepada Tuhan apa keinginan kita, sehingga apabila kita melibatkan Tuhan dalam setiap tindakan kita akan mempermudah jalan kita untuk meraihnya.

Usahakan untuk memilih sebuah pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Anda semasa menempuh pendidikan agar dapat mengembangkan diri lebih cepat mampu meningkatkan kualitas kerja menjadi lebih baik. Semoga 10 kriteria memilih pekerjaan dan tips memilih pekerjaan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy